Toad Jumping Up and Down
Resep Baru
recent

Resep Makanan Kentang Balado Mustofa

sumber:tokopedia.com
Resep membuat kentang mustofa yang renyah kriuk bisa dimulai dengan merendamnya dengan air garam sebagai alternatif apabila tidak menggunakan air kapur sirih karena juga dapat membantu proses keluarnya cairan (air) dari dalam kentang sehingga nantinya air rendaman akan berubah menjadi keruh kecoklatan.

 Bahan dan bumbu :
  • 1 kg kentang
  • 1,5 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak untuk menumis bumbu
  • 1 liter minyak atau secukupnya untuk menggoreng kentang
Haluskan :
  • 15 buah cabe merah dibuang biji
  • 8 siung bawang putih
CARA MEMBUAT :
  1. Kupas kulit kentang, potong-potong menggunakan alat pemotong kentang yang diserut atau potong manual bentuk korek kemudian cuci bersih. Rendam dengan air secukupnya campur 1 sdt garam hingga kentang terendam, aduk-aduk rata lalu diamkan selama 30 menit untuk mengeluarkan getah kentang.
  2. Panaskan minyak yang banyak di atas api sedang. Setelah cukup panas ambil segenggam kentang dari rendaman tadi, sambil digoyang-goyang sedikit untuk meniriskan air lalu masukkan dalam penggorengan hingga kentang terendam minyak.
  3. Jangan diaduk-aduk saat kentang masih lembek agar tidak saling menempel dan mudah patah, biarkan kentang agak mengering di bagian bawah kemudian baru dibalik dan masak hingga bagian yang lain agak kering.
  4. Selanjutnya boleh sesekali diaduk sambil memisahkan kentang yang saling menempel, goreng hingga kering dan garing berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan lalu masukkan dalam wadah yang dialasi tisu atau kertas untuk membantu menyerap minyak. Lanjutkan menggoreng sisa kentang dengan cara yang sama sampai habis.
  5. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, beri garam dan gula pasir lalu aduk-aduk hingga bumbu matang.
  6. Masukkan kentang goreng sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, setelah semua kentang sudah dimasukkan jangan berhenti diaduk-aduk sampai tercampur rata dan kering serta tidak ada bumbu yang menggumpal. Tips dan trik selanjutnya adalah matikan api kompor tetapi kita masih terus harus mengaduk-aduknya hingga wajannya atau penggorengan sudah tidak panas lagi. Angkat dan siap untuk disajikan serta simpan dalam wadah kedap udara.
Sumber: resepmakanankreatif.blogspot.com
Unknown

Unknown

AdsenseCamp

Blog ini diciptakan oleh Andreansyah. Diberdayakan oleh Blogger.